Jangan Panik! Ini Kiat Menjawab Perkara Anak yang di Luar Perkiraan

Jangan Panik! Ini Kiat Menjawab Perkara Anak yang di Luar Perkiraan

Sketsa (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM   –  Ketika pertanyaan anak terdengar membutuhkan penjelasan yang berat serta di, psikolog anak dari pusat penyuluhan pengasuhan dan pendidikan Sahabat Orangtua & Anak (SOA) di Tangerang, Hanlie Muliani, M. Psi, mengajukan orang tua untuk menyederhanakan reaksi, tergantung pada usia anak.  

“Misalnya anak balita Anda bertanya, ‘Mengapa ada bayi di dalam lambung Mama? ’ Anda bisa menjawab, ‘Ini adik kamu. Beberapa bulan lagi akan ada adik budak seperti anak tante ini, lo! ’ Kalau anak bertanya teristimewa dari mana datangnya adik budak, kita bisa jawab, ‘Ini pemberian dari Tuhan buat Mama, Bapak, dan Kakak. ’ Nah, jika yang bertanya demikian adalah bani kelas 5 SD, maka Kamu boleh menjelaskan secara ilmiah bahwa bayi terbentuk dari sel benih dan sel telur dengan jalan hubungan seksual, tetapi hubungan ini baru boleh dilakukan setelah menikah. Jawaban seperti itu cukup dimengerti oleh anak, ” Hanlie memberi meniru.

Tentu ada masanya orang tua letih akibat kesibukan kerja atau kesibukan lain, sehingga tidak sanggup membalas pertanyaan si kecil. Tidak masalah bila ingin menghentikan anak menanyakan ini dan itu. Namun tak dengan membentak, marah, atau mengatakan serangkaian kata negatif, karena bisa mematikan keingintahuan anak.  

“Wajar Anda lelah dan sedang tidak ingin menjawab pertanyaan anak-anak. Buat menghindari pertanyaan mereka, Anda mampu mengungkapkan penolakan dengan jawaban semacam ini, ‘Pertanyaan kamu menarik bakal Mama, tetapi saat ini Mama lagi capek jadi belum mampu menjawab pertanyaan kamu. Besok Ibu jawab, ya! ’ Ini tak membuat anak merasa bersalah dengan pertanyaan mereka sekaligus memahami situasi orang tuanya sedang lelah. Tetapi, jika Anda sudah berjanji buat menjawab pertanyaa esok, Anda kudu menjawabnya esok, ” pungkas Hanlie.  

Rekomendasi