Jokowi Ingatkan untuk Waspadai Pengembangan Rivalitas Antarideologi

TABLOIDBINTANG. COM   –  Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan bangsa Indonesia sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, tantangan dengan dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Salah satu tantangan ini adalah meningkatnya persaingan antarideologi. Demikian disampaikan Kepala Jokowi dalam amanatnya dalam Upacara Peringatan Hari Jadi Pancasila Tahun 2021 dengan digelar pada Selasa, 1 Juni 2021. Presiden menyelenggarakan upacara peringatan tersebut secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Globalisasi dan interaksi antarbelahan negeri tidak serta-merta meningkatkan kecocokan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai merupakan meningkatnya rivalitas dan perlombaan, termasuk rivalitas antarpandangan, persaingan antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi, ” ujar Presiden.

Besar Negara memandang bahwa haluan transnasional cenderung semakin menyusun, memasuki berbagai lini kesibukan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dinilai turut memengaruhi lanskap kontestasi ideologi.  

Presiden menegaskan bahwa pengembangan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Menurutnya, diperlukan cara-cara baru yang sungguh biasa dengan memanfaatkan jalan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4. 0. Pancasila juga kudu menjadi fondasi dalam menggelar ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan.

“Saya menyilakan seluruh aparat pemerintahan, tipu agama, tokoh masyarakat, para-para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan semesta rakyat Indonesia untuk bersatu-padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan, ” ungkapnya.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, & bernegara, ” tegas Jokowi.

Sumber: Setneg