Pelit Beda dengan Hemat, Karakter Kikir Mudah Dikenali

TABLOIDBINTANG. COM   –  Sifat kikir atau kikir beda secara hemat. Sifat hemat diasosiakan dengan cara menggunakan kekayaan yang efisien dan pintar agar mendapatkan manfaat sejumlah mungkin. Orang yang pendirian memikirkan dengan seksama setiap kali mengeluarkan uang. Tempat harus merasa yakin dengan manfaat yang didapat sejak uang yang dikeluarkan. Karakter yang, saking hematnya, tak jarang juga dianggap jadi pelit. Tapi sebetulnya berbeda. Orang yang hemat masih mau sesekali mengeluarkan uangnya sejauh dia yakin tersedia manfaatnya, terutama bagi dirinya. Sementara orang pelit hanya mau menerima tanpa sudah memberi.

Orang yang kerekot katanya ada beberapa tipe. Kalau Anda pernah bergaul dengan beberapa orang kikir mungkin bisa mengenali perbedaan mereka. Ada orang dengan pelitnya luar biasa. Saking pelitnya dia tak suka mengeluarkan uang bahkan untuk dirinya sendiri. Meski sudah punya uang dia tetap hidup dengan cara seirit mungkin. Uang di kantongnya disimpan dengan sangat kerap, kalau bisa jangan sudah keluar.  

Orang kikir tipe ini bisa jadi bencana bagi anggota keluarganya. Mau tak mau semua orang yang tinggal bersamanya harus mengikuti gaya hidupnya yang super pelit. Kalau dia seorang ibu atau ayah, pasangan dan anak-anaknya akan ikut menanggung kelanjutan dari sifat pelitnya. Kira-kira Anda pernah melihat, orangtua yang sebetulnya mampu, tapi saking kikirnya, anak-anaknya dipaksa makan seadanya dan memaki baju murahan. Mereka tak malu sifat pelitnya maka omongan tetangga, karena yang dipedulikan hanya bagaimana supaya uangnya tetap utuh.

Ada juga orang kikir tapi hanya mempertahankan karakter pelit pada orang asing, tidak pada diri sendiri. Setelah punya cukup kekayaan mereka tak jarang prasmanan enak, pergi jalan-jalan, sesekali membeli pakaian bagus. Tempat hanya pelit pada orang lain. Ini masih mendingan. Setidaknya sifat pelitnya cuma jadi masalah bagi karakter lain, tapi tidak untuk diri dan keluarganya. Karakter pelit tipe ini masih mau mengeluarkan uang buat kesenangan keluarganya, atau membelikan barang bagus buat bani dan pasangannya.

Sifat pelit dengan mudah bisa dikenali. Jika Anda tak mau punya suami/istri yang memiliki sifat kikir, sejak pacaran perlu dengan cermat tahu karkater si dia. Kalau sama-sama punya sifat pelit, mungkin tak jadi perkara. Masalah akan jadi benar-benar kalau Anda orang yang dermawan, sementara pasangan orang kikir.