PPKM Berskala Mikro, Tim Gabungan TNI dan Polri Perkuat Pengamalan di Daerah

TABLOIDBINTANG. COM   –  TNI dan Polri melakukan sejumlah langkah pengendalian untuk mengatasi penularan kasus Covid-19 di wilayah Suci dan Bangkalan. Dua daerah ini tengah mengalami lonjakan kasus yang cukup tinggi setelah masa libur Lebaran.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, menerangkan tim ikatan melakukan pendampingan kepada Besar Dinas Kesehatan dari masing-masing kabupaten di dua wilayah untuk mengoptimalkan motor dalang pemberlakuan pembatasan kegiatan klub (PPKM) berskala mikro.

“PPKM ini satu kunci buat kita bisa menekan nilai kasus positif. Di PPKM kita bisa melaksanakan tracing terhadap kontak erat & setelah itu kita bisa mengetahui apakah positif ataukah tidak. Termasuk di PPKM kita juga bisa meningkatkan angka kesembuhan masyarakat & menekan angka kematian, ” ujar Hadi saat menyampaikan keterangan di Kantor Kepala, Jakarta, pada Senin, 7 Juni 2021.

Bagian TNI dan Polri dikerahkan membantu di wilayah pengoperasian PPKM berskala mikro di dua wilayah yang sedang mengalami lonjakan kasus. Sebanyak pendampingan juga dikerahkan buat pelaksanaan pemeriksaan PCR, di rumah-rumah sakit, dan penguatan penerapan protokol kesehatan dalam tengah masyarakat.

“Kita melakukan pendampingan dan penguatan di dalam rangka terus menjaga aturan kesehatan dengan mengingatkan buat tetap mengenakan masker. Baik sudah divaksin, saya tetap menggunakan masker, termasuk membentengi jarak dan mencuci tangan, ” kata Panglima TNI.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan bahwa daerah merah di Kudus terdapat di 60 desa. Di wilayah ini para personel TNI dan Polri nantinya akan diturunkan mendampingi pemisahan ruang gerak masyarakat untuk meminimalisir penyebaran virus korona.

Kapolri juga menjelaskan bahwa khusus di wilayah Bangkalan, pihaknya telah meningkatkan pengamalan PPKM berskala mikro dalam setidaknya tiga kecamatan. Kesibukan pemeriksaan dan pelacakan tetap ditingkatkan untuk segera memberikan penanganan maksimal bagi awak yang kedapatan positif sejak hasil pemeriksaan.

Sumber: Presidenri. go. id.